MapalaPTM.com

Portal Berita Petualang



Kamis, 02 November 2017 - 00:03:29 WIB

TWKM XXIX Mapala Se-Indonesia, Kegiatan Kenal Medan diselenggarakan di Gunung Gede Pangrango

Kategori: Event Diposting oleh : Eko Fauzan Adima - Dibaca: 546 kali



Foto: Tim Kenal Medan TWKM XXIX di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
 
Jakarta, MapalaPTM.com (1/11) - Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) adalah salah satu taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Ditetapkan pada tahun 1980, taman nasional ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia.
 
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango terutama didirikan untuk melindungi dan mengkonservasi ekosistem dan flora pegunungan yang cantik di Jawa Barat. Dengan luas 21.975 hektare, wilayahnya terutama mencakup dua puncak gunung Gede dan Pangrango beserta tutupan hutan pegunungan di sekelilingnya.
 
 
(24/10) Pada kesempatan TWKM XXIX, Kenal Medan Gunung Hutan mengambil lokasi di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Lokasi ini sangat strategis untuk pengaplikasian materi yang akan disampaikan.
 
Pemateri Bapak Dani, ketua bagian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Materi yang akan disampaikan pada kesempatan KM GH diantaranya:
-Materi SAR beserta praktek lapangannya
-Membaca peta kontur
-Membidik kompas
-Menentukan titik dengan cara yang simple
 
 
Pak Dani menyampaikan kepada para peserta kenal medan TWKM XXIX "Materi ini diberikan agar kita semua khususnya mapala ini agar lebih tahu lagi bagaimana cara SAR yang benar dan cara untuk menemukan korban. Gunakanlah waktu dan kesempatan ini untuk lebih memperdalam ilmu lagi".
 
"Agar kita sama-sama lebih tahu bagaimana cara mencari korban, menentukan titik hingga korban ditemukan dan bisa menyelamatkan korban, jangan nantinya menjadi botol kosong(sudah meninggal dunia)," Ujarnya lagi.
 
 
Ada 5 tahapan dalam Operasi SAR, yaitu :
1.Tahap Kehawatiran (Awarness Stage) adalah kekhawatian bahwa keadaan darurat diduga akan muncul pada suatu situasi, termasuk didalamnya penerimaan informasi keadaan daruat dari seseorang.
 
2. Tahap Kesiagaan (Initial Action Stage) Mengumpulkan infomasi-infomasi awal untuk menyiagakan fasilitas SAR dan untuk mendapatkan informasi lebih jela antara lain :
a.Mengevaluasi dan mengklasifikasi informasi yang didapat.
b.Menyiapkan fasilitas SAR.
c.Pencarian awal dengan komunikasi.
d.Perluasan pencarian dengan komunikasi.
 
3.Tahap Perencanaan (Planning Stage) yaitu merupakan tanggapan terhadap keadaan yang sebelumnya dan pengembangan rencana yang efektif antara lain : menunjuk SAR Mission Coodinator, menentukan posisi paling mungkin dari keadaan dalam luas search area, dan memilih metode yang terbaik bagi keamanan SRU dan korban.
 
4.Tahap Operasi (Operasion Stage) Ada 3 tahapan secara umum yaitu :
a.Detection Mode
Pemeriksaan tempat-tempat yang diduga dilalui korban dan dicurigai keberadaan Survivor, serta mendeteksi tanda-tanda yang ditemui yang diperkirakan ditinggalkan Survivor
b.Tracking Mode
Mengikuti jejak atau tanda-tanda yang ditinggalkan survivor.
c.Evacuation Mode
Menyelamatkan dan mengevakuasi korban.
 
5.Tahap Akhir Misi (Mission Conclusion Stage) Beupa tahapan evaluasi hasil kegiatan SAR, mengembalikan semua unit SAR dan Fasilitasnya ke base camp, membuat dokumentasi dan upaya penyiagaan kembali semua fasilitas SAR.
 
Komponen-komponen yang mendukung tahapan SAR diatas adalah :
1.Organisasi
2.Fasilitas
3.Komunikasi
4.Emergency Care
5.Dokumentasi
 
 
Pada rabu (24/10) Salah satu peserta KM GH dari Mapala UMRI, Rani mengatakan, "Kami selesai simulasi SAR dikaki gunung Gede, mencari korban yang tersesat di gunung Gede. Dimulai pencarian jam 11 siang, pencarian dilakukan dalam kondisi hujan. Korban ditemukan pada jam 15.30 WIB".
 
Menjalin kebersamaan dalam pendakian dan berkemah, itu yang biasa dilakukan oleh pendaki. Dalam mempelajari materi SAR ini pun demikian. Dari 97 peserta KM GH, semuanya terlihat sangat antusias mengikuti materi. Terbukti dari tanggapan-tanggapan peserta yang disampaikan.
 
 
Tak ketinggalan juga dari salah satu peserta yang bernama Nikmatul dari IMMPA yang akrab disapa Tempe berujar, "Materi SAR ini sangat membantu dan sangat berguna untuk menambah ilmu bahwasannya aplikasi SAR ini sangat berguna di kegiatan alam bebas".
 
Disela-sela materi, Bapak Dani menyampaikan, "Saya berharap adik-adik dari mapala se Indonesia ini bisa bekerja sama dalam kegiatan ini, nantinya adik-adik bisa bergabung menjadi relawan di bencana yang terjadi di Indonesia ini. Saya berharap ilmunya jangan hanya sampai disini saja, terus gali dan berlatih".
 
 
 
 
 
 
 
Kontributor: Eko Fauzan Adima - Mapala Mahesa Universitas Muhammadiyah Tangerang
Editor: Roy MarLey - Alpiniste Jakarta
Narahubung: Rani Mapala UMRI, Koplo Marpala.
 
Peserta: Rio Rivadar B (IMPA UB), Trie Andi Susilo (UKMPA WANAPALA), Aji Miswari (UKMPA WANAPALA), Muh. Akbar (UKM MAPALA STMIK), A.Khoerul Wahab (MATA JALA UMNU), Sefsan (WARADIPA), Hasfuh, Stevanny Media Sari (MAPALA PAGARUYUNG), Fuja Isnain (MAPALA PAGARUYUNG), Nonin Syahroni (MAPALA USN KOLAKA), Roy Saman (MAPALA USN KOLAKA), Hisbul Junain (MAPALA USN KOLAKA), Evan Ferdika (HIPAMA), Wawan Wanisar (MPA MOTOLO MOIA), Ari Putor Utomo (GIRIGAHANA UPN), J. Dita SB (MAPALA KAPAKATA), MA. Bustamila (MAPELBA), Petrus Komelius Cnaim (MAPALA STIMIK PPIK TARAKAN), Atik Syaeful Rohman (MAHUPALA BUMI), Budi Apriansyah (MPA SATYA WANAMANDALA), Siti (MAPALINDUP), Taufik Imahi Ramadhan (POLTAPALA), Rizal Ari Kusuma (KOPASSAS), Daro Abustin S A (KOPASSAS), Fitria (KOMPAS UBB), M. Arif Hidayatullah (KOMPAS UBB), Abdul Halim (CAMPALA), Irvan Alwando Hanggi (MAPALA USM), Rani Puspina (MAPALA UMRI), Ismayana (MAPALA UIR), Restu Burhanudin (MAPALA WAPALHI), Nikmatul Ilmi (IMMPA), M. Nur Affandi (MAPASTIK), Dzikron Adhim (PALWA), Zulkarnain Umar (MAPALA TILONGKABILA), Juni Anjasmani (MAPALA RAFLESIA), Agung Wibowo (HMPA STUPALA), Muhsen (MAPALA SIU), M. Sahrul Mubarok (MAPALA SIU), Diana Eka Ningtias (KMPA FAKTAPALA), Maulana Ludfi (MAHARIPUL), Dian Norma Pibosari (MAPALA STIESIA), Akbar Nurohman (TAPAK GIRI), Muh. Fikri Wiya (MAPALA UNPATI), Agus Tri Nurhuda (WANAPALHI), Aziz (KARFA), Abdi Putra Pamungkas (MPA HIMALAYA), Asia Afriani (MAPATALA), Albertus Herry (MAPALA ARKHA), Dela Aningga (MASOPALA), Rismaina Sugita (MAPALAUT), Raudatul Jannah (KOMPAS UBB), Khairul Hatta (MAPALA ART CA), Wurdia Ningsih (MAPALA MATA ANGIN), Sukma Jaya (ARTALA LAMPUNG), Robil H (KOMPAS KALBAR), Andre Robusta (MAPALA IAIN KERINCI), Muhammad Yasid Anas M (MAPALAST), Yoni Saputra (KAMANTA), Randi Hansen F (MAPATERA), Ahmad Abdullah (MAPALHID ISTA), Wahyu Setiawan (KOMAPAL UNPAB), Muamar Podlingge (MAPALA SSA), Zulaika Maylanda (MPL. UIN RADEN FATAH PLG), Vinsensius (MAPALA WAKAPULANTUHA), Tegopeng (MAHAGAPA), Mirza (PA UNPAL), M. Iznur (MAPALA UNSRI), Heri Eka S (MAPALA GMS), Samuel D Sinaga (KOMPAS USU), Aulia (KOMPAS BORNEO), Budi Arnanda (MAPALA ENGGANG GADING PONTIANAK), Irwan Saputra (Aceh), Kiki Ferdian (ACEH), Refi (DIMPA UMN), M. Isbahul Ulung (ALDAKAWANASETA UDINUS), M.Syaful Faris (HIMPAL UMN), Alan Hemawan (NUSAPALA), Feyzar Rahmat (MPL STIM LPI MAKASSAR), Syaifullah G (MAPALA 45 MAKASSAR), Mul Ilyas (MAPALA SINJAI), Haedir Ali (MAPALA YPUP), Andi Risaldi (MAPALASTA UIN ALAUDIN MAKASSAR), Hemrizal (MAPALA UIM), Inyal (MAYASPALA), Muh. Alwi Zhofan (MAPALA ETERNAL), Reski Gunadiawan (MAPAKTI MAKASSAR), Muh. Hadam (MAPATEK STT BARAMULRI IMRAN), Clominggus Paotonan (MAHAKRIPA UKI TORAJA), Kosmas Tedemaking (MAPALA VETERAN UPRI MAKASSAR), Irsan Rohali (MAPALA UIT MAKASSAR), Rakhmat (MAPALA IAI DDI POLMAN), Munaim Makatita (MAPASATI), Siti (UNIV. RIAU), Miftah Maulana (MAPA ATMAWANA UIKA BOGOR), Bef (MANADO UNSRAT).
 
Panitia:
Ketua Koordinator : Gatak (Makopala, UBL) 
Wakil Ketua: Wak-waw (Marpala, UBK) 
Sekertaris: Kiki Puji (Krisnapala, UNKRIS) 
 
Acara: Aldio (HPA Tradyakala, PSTMI Jakarta), Deny (KMPA Eka Citra, UNJ), Golok (Makopala, UBL).
 
Transportasi: Boceng (KPA Arkadia, UIN Jakarta), Kecap (Stiapala, STP Aviasi), Fadil (Mapalhid, ISTA).
Dokumentasi: Firman (Gamaspi Wanantara, YAI), Bernard (Balukuwana, POLIMEDIA Jakarta) 
 
Perlengkapan: Restu (Kempala, UT), Andry (Dharmapala, APP),Punai (Wanatel), Rais (Mapala Djuanda), Fosil (Mapalaska), Hamdan (KMPA Eka Citra, UNJ),Cakwe (Makopala, UBL), Beksi (Makopala, UBL). 
 
Konsumsi: Fadjrin (Mapala UI), Ilham (HPA Tradyakala, PSTMI Jakarta), Aini (KMPA Eka Citra, UNJ).
Kesehatan: Ketib (PMPA Alpiniste, STIEAD), Aulia (KMPA Eka Citra, UNJ).
 
 
-Media Petualang Indonesia-
Hastag #Mapala #MapalaPTM
#Facebook: MapalaPTM.com
#Twitter  : @MapalaPTM
#Instagram: @MapalaPTM
#Youtube  : MapalaPTM
 
Jika para petualang, Backpacker, Pecinta Alam, Mapala, maupun Sispala yang hobby menulis tentang Kegiatan- kegiatan Organisasinya, petualangannya, kritik kerusakan lingkungan, Wisata Alam,  dan Artikle-nya ingin dimasukan ke Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com, Silahkan tulisannya kirim ke email: MapalaPTM@gmail.com atau inbox ke Fanspage halaman MapalaPTM.com yang di facebook. 
 
Kami juga akan membuatkan username akun penulis dan passwordnya di portal MapalaPTM.com, agar para penulis bisa langsung memposting artiklenya sendiri ke Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com
 
#Apabila ada teman-teman yang ingin kejuaraan panjat dinding-nya kita tayangkan di halaman MapalaPTM.com, diharapkan mengirimkan dalam bentuk artikle berita + famplet berbentuk landscape untuk judul beritanya.
 
Yuukkk Mari Menulis, Berbagi itu Indah...





Berita Terkait


Peringati Sumpah Pemuda, Tarantula Adventure BSI Yogyakarta Bersihkan Aliran Air Bodeh dari Sampah
Mengenal Lebih Dekat Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam di Kota Gudeg, Palastta STTA Yogyakarta
Kebut Gunung Mapena UMJ
Amdal Kijang dan Bencana Ekologis, Kegiatan Lingkungan Hidup TWKM XXIX Mapala Se-Indonesia
MAPASURI Unmuh Purworejo Mulai Perekrutan Calon Anggota Baru Angkatan ke- XIX



IP Anda Adalah: 54.156.82.247

Translate



Kategori



Gallery Foto


Dua Tokoh Petualangan di Indonesia
Yuni & Cahyo
Mila Ayu Haryanti - 7 Summiter Indonesia in 100 days
Mila Ayu H
Kang Bongkeng dan Portal Berita Petualang MapalaPTM.Com
Djukardi Bongkeng
APGI: Assosiasi Pemandu Gunung Indonesia
APGI
Vicky Gosal, Seorang tokoh petualangan di indonesia
Vicky Gosal
Tim Putri Seven Summit Indonesia "Wissemu" Mahitala Unpar, Bandung
Hilda & Fransisca



Sekilas Info

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Apakah Anda Tahu? Salah Satu Jalur Pendakian Termahal di Dunia yaitu di Gunung Carstenz, Papua

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Green Boots adalah sebutan Mayat yg tdk teridentifikasi dan menjadi acuan arah ke puncak Gn Everest

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Pemandu pendaki gunung Nepal Appa Sherpa telah mendaki puncak Everest 18x

Semua pendaki Gn Everest dan tim pendukung wajib angkut sampah 8 kg ketika turun

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Sherpa di Nepal anjurkan makan bawang putih, Cegah rasa tidak nyaman krn ketinggian gunung

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Penelitian Menemukan Seorg yg Cintai Lingkungan adlh yg lebih diinginkan u/ Hubungan Jangka panjang

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Cuaca buruk, Jangan Aktifkan Hp di atas gunung jika tak ingin tersambar petir

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo





video klip hasil karya musik dari musisi IWA K yang turut mendukung #WALHI (2803545)

Merinding, Baca Sms Terakhir Supriyadi Saat Nyasar di Gunung Semeru (46235)

Pendaki asal Jakarta Meninggal Dunia Saat Mendaki ke Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia, Carstenz (40911)

Gunung Semeru Memakan Korban Lagi, Pendaki asal Depok Tewas di Kalimati pagi tadi (32884)

LOTENG Resmi Buka Jalur Baru Rinjani Terindah Terlandai & Terdekat (30063)

Pendaki yang Hilang ditemukan telah Tewas Jatuh ke Jurang sedalam 150 Meter (29537)

Mapala itu Garda Terdepan di Setiap Bencana, Sistem Diksar Dibenahi & Bukan Mapalanya dibubarkan (29091)

Cerita Unik Dan Menakutkan Dibalik keindahan Gunung Kerinci Jambi (28778)

Kronologis Meninggalnya Pendaki asal Depok di Kalimati Gunung Semeru (24860)

Guider Mahasiswa UIN Jatuh Ke Dasar Goa Terdalam di Indonesia, Maros Sulsel (23665)

Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing Terbaru Januari 2016 (22948)

Kronologis Meninggalnya Ike Suseta Adelia Asal Palembang di Gunung Rinjani (20527)

Kronologi Hilangnya Pendaki asal Cirebon di Gunung Semeru (20075)

Menjelang DIKSAR Ke- XXVII, Mapala MENTARI UM Magelang Laksanakan Pra- DIKSAR

IMAPA UNMUL Lakukan Ekspedisi Mulawarman Ke- 13 Di Tahun 2017

Gunung Agung di Bali Meletus Hingga Ketinggian 700 Meter ke Arah Timur Tenggara

Hari Ini Tepat Sebagai Hari Pohon, Masyarakat Indonesia Berikan Ucapan

MAPASURI Mengadakan Penanaman Mangrove Dalam Rangka Memperingati Milad Muhammadiyah ke- 105 M

Jelang Milad ke-X, Mapalamu Luwuk Banggai Sulawesi Tengah Gelar Berbagai Kegiatan

Kerinci, Atap Sumatera Mempesona Berhasil Digapai Tim 7 Summits Indonesia in 100 Days

Manfaatkan momen Car Free Day, MAPALA UMRI lakukan kegiatan ini

Anggota UPL MPA Unsoed Purwokerto Buka Jalur Pendakian di Gunung Slamet via Penakir

Keluarga Besar Mapala Muhammadiyah Se-Indonesia Ucapkan Selamat Milad Kepada Muhammadiyah Ke-105

Jenasah Pendaki Gunung Lawu Ditemukan Membusuk, Diperkirakan Meninggal Lebih dari Sebulan

Yogyakarta Siap Gelar Kejurnas Panjat Tebing XVI Untuk Jaring Atlet Potensial

GEMAPALA WIGWAM FH UNSRI sukses adakan kegiatan MUSI RIVER CAMP