MapalaPTM.com

Portal Berita Petualang



Selasa, 24 April 2018 - 01:47:50 WIB

Pecinta Alam Sebagai Ekskul Pembentukan Karakter, Anies Dukung Eksistensi Sispala Jakarta

Kategori: Sispala Diposting oleh : Barox - Dibaca: 1047 kali



Balai Kota Jakarta, MapalaPTM.com (13/4) - Forum Siswa Pecinta Alam (Sispala) dan Alumni Sispala Jakarta mengadakan audiensi dengan Gubernur DKI, Anies Baswedan di ruang rapim Balaikota Jakarta. Audiensi tersebut diikuti oleh berbagai aktivis sispala dari berbagai organisasi dan generasi mulai dari tahun 1980an, 1900an dan sampai sispala yang masih aktif sekolah saat ini.
 
Dalam audiensi tersebut forum menyampaikan aspirasinya terkait eksistensi sispala di Jakarta, yaitu tentang Pergub No 179 Tahun 2015 dan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta terkait pelarangan/pembatasan kegiatan sispala.
 
Forum menyampaikan keberatannya terkait isi peraturan tersebut tentang definisi ruang lingkup kegiatan sispala Jakarta yang membatasi ruang lingkup kegiatan pencinta alam adalah di sekolah dan di perkotaan. Sedangkan seperti diketahui bahwa sejatinya media belajar pencinta alam adalah di alam yang sebenarnya yaitu di hutan, gunung, sungai, laut, tebing dan gua.
 
Selain itu, forum juga menyampaikan aspirasinya terkait adanya larangan kegiatan ekstrakurikuler pencinta alam di berbagai sekolah karena dinilai beresiko tinggi dan sarat tindakan kekerasan. Untuk itu, dalam kesempatan yang baik ini forum menjelaskan kondisi tentang pencinta alam yang sesungguhnya dan asas kebermanfataan ekskul pecinta alam bagi pengembangan diri siswa.
 
Adjie Rimbawan selaku koordinator menyampaikan bahwa hadirnya gerakan bersama ini adalah sebagai wujud kepedulian para alumni sispala lintas generasi terhadap eksistensi sispala di masa ini. karena, para alumni merasakan manfaat luar biasa dari kegiatan Sispala.
 
"kegiatan sispala sebagai proses pembentukan karakter positif  dan pengembangan diri. Untuk itu kami berharap sispala dapat terus eksis selamanya."Ungkap Adjie,yang juga alumnus Tapepa SMK 26. 
 
Sementara itu, Rudi Nurcahyo, alumnus Sabawahana SMA 3  dan Mapala UI, memaparkan tentang tata kelola organisasi dan proses monitoring kegiatan sispala agar berjalan dengan aman. Menurutnya, Sispala sebagai sebuah organisasi harus mempunyai standar kompetensi/kurikulum, standar operasional prosedur dan tata tertib yang jelas dan sistematis, kemudian sistem yang ada tersebut dijalankan dan dikontrol bersama oleh pihak sekolah, orang tua siswa dan alumni. 
 
"Ketiganya harus memiliki hubungan yang baik dan  bersinergi untuk mendukung program pengembangan diri siswa yang ada di sispala." Ujar Rudi.
  
Rahman Mukhlis, alumnus Talam SMA 38 dan KMPA Eka Citra UNJ, yang saat ini juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) menambahkan, penjelasan bahwa forum alumni sispala sebagai wujud tanggung jawabnya terhadap eksistensi sispala dalam menghadapi masalah-masalah yang ada. Diantaranya sudah menyusun draft Standar Operasional Prosedur (SOP) , pola pengembangan sumber daya manusia dan silabus kurikulum untuk sispala yang sudah disesuaikan dengan perkembangan yang ada. 
 
"Nantinya setelah disahkan standar ini akan digunakan sebagai pedoman umum penyelenggaraan seluruh sispala di Jakarta, sehingga mempunyai standar yang jelas, sistematis dan terukur. Sebagai sarana sosiliasi SOP dan kurikulum. Forum sispala dan alumni sispala akan mengadakan seminar yang mengundang seluruh pihak terkait eksistensi sispala dalam waktu dekat." Ungkap Rahman.
 
Paparan terakhir dari forum disampaikan oleh Reizza Patters, alumnus Pattupala SMA 47. Ia menekankan harapan mewakili seluruh anggota forum kepada Bapak Gubernur agar dapat mendukung dan melindungi eksistensi sispala melalui landasan hukum yang jelas sesuai dengan konteks kegiatan pencinta alam. 
 
"Pencinta alam sangat penting untuk menyalurkan minat bakat generasi muda dalam membangun karakternya, karena banyak pembelajaran-pembelajaran hidup yang tidak di dapat di ruang kelas. Namun dapat kita rasakan manfaatnya melalui pengalaman kegiatan di pencinta alam." Ungkap Reizza. 
 
Menanggapi aspirasi dari forum , Anies Baswedan menyambutnya dengan positif dan berterima kasih kepada para alumni yang masih peduli terhadap perkembangan sispala di Jakarta. Menurut Anies, pada prinsipnya ia setuju bahwa wadah sispala merupakan wadah yang positif dalam rangka membentuk karakter siswa. 
 
"Sejatinya proses pembelajaran itu tidak hanya didapatkan di dalam kelas, atetapi juga melalui pengalaman belajar di luar ruang kelas dan ekskul pencinta alam merupakan salah satu wadah yang tepat untuk belajar." Tutur Anies.
 
Anies yang juga merupakan Anggota Kehormatan Kelompok Pendaki Gunung dan Penempuh Rimba- Wanadri, menambahkan, bahwa generasi muda  khususnya pelajar sebagai kamu urban yang sehari-hari beraktivitis di perkotaan harus pergi ke alam. 
 
"Melihat bagaimana kondisi kehidupan di alam, di pedesaan, di kawasan hutan dan pegunungan. Sehingga dapat menjadi sarana refreshing terhadap kehidupan di perkotaan serta dapat menambah pengalaman dan pembelajaran hidup." Tambah Anies. 
 
Terkait peraturan gubernur dan kepala dinas pendidikan yang ada saat ini, Anies menyatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung penuh eksistensi sispala di Jakarta, karena kita di pusat ibukota.  "Eksistensi sispala yang ada di Jakarta baik/buruknya akan menjadi barometer eksistensi pecinta alam di daerah lain." Ungkap Anies.
 
Ia juga berjanji akan mencabut larangan atau pembatasan kegiatan ekstrakurikuler di Jakarta serta merevisi aturan yang ada sesuai saran dan masukan yang sudah diterima. 
Lebih lanjut, Anies juga memberikan pemahaman kepada anggota forum sambil menunggu revisi aturan pemerintah, Sispala harus tetap survive dalam menjalankan kegiatannya.
 
Menurutnya kegiatan pencinta alam memang beresiko tinggi. Untuk itu, sejak awal program perlu dipaparkan dengan sangat jelas kepada seluruh pihak terkait yaitu kepala sekolah, dewan guru, orang tua dan siswa.Juga tentang rencana kegiatan, persiapan kegiatan yang telah dilakukan, tantangan, dan resiko yang dihadapi serta manajemen resiko yang telah disiapkan sehingga semua pihak bisa memahami karakteristik kegiatan pencinta alam.
 
Setelah semua pihak mengetahui tentang kegiatannya yang paling penting adalah semua pihak setuju tentang penyelenggaraan kegiatannya dan mendukung sepenuhnya kegiatan agar berjalan dengan aman dan sukses sesuai tujuan yang diharapkan. 
 
Penjelasan Anies Baswedan yang mendukung sepenuhnya eksistensi sispala di Jakarta, disambut dengan suka cita oleh seluruh anggota forum yang hadir dalam audien. Sebagai penutup, forum memberikan cinderamata sebagai tanda ucapan terima kasih kepada Bapak Gubernur yang diserahkan oleh Muhamad “Ogun” Gunawan (Alumnus Stepa STM Pembangunan & Wanadri) kepada Anies Baswedan. Agenda audiensi kemudian diakhiri dengan suasana kemeriahan foto bersama seluruh anggota forum bersama Bapak Gubernur di ruang aula Balai Kota DKI Jakarta.(RM)
 
 
 
 
 
 
Kontributor: Rahman
Editor: Barox
 
-Media Petualang Indonesia-
Hastag #Mapala #MapalaPTM
#Facebook : MapalaPTM.com
#Twitter  : @MapalaPTM
#Instagram: @MapalaPTM
#Youtube  : MapalaPTM
 
Jika para petualang, Backpacker, Pecinta Alam, Mapala, maupun Sispala yang hobby menulis tentang Kegiatan- kegiatan Organisasinya, petualangannya, kritik kerusakan lingkungan, Wisata Alam,  dan Artikle-nya ingin dimasukan ke Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com, Silahkan tulisannya kirim ke email: MapalaPTM@gmail.com atau inbox ke Fanspage halaman MapalaPTM.com yang di facebook. 
 
Kami juga akan membuatkan username akun penulis dan passwordnya di portal MapalaPTM.com, agar para penulis bisa langsung memposting artiklenya sendiri ke Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com
 
#Apabila ada teman-teman yang ingin kejuaraan panjat dinding-nya kita tayangkan di halaman MapalaPTM.com, diharapkan mengirimkan dalam bentuk artikle berita + famplet berbentuk landscape untuk judul beritanya.
 
Yuukkk Mari Menulis, Berbagi itu Indah...





Berita Terkait


Peringati Hari Bumi, SEKBER PPA DIY Usung Tema Jogja Darurat Ruang Terbuka Hijau
Atlet Metala UMS Raih Juara di Lomba Orienteering Aldakawanaseta Udinus Semarang
Pecinta Alam se-Yogyakarta Kompak Menggelar Latihan Bersama Navigasi Darat di Gunung Merapi
GLADIAN NASIONAL XIV Sumatera Barat Akan Dibuka Secara Resmi Oleh Presiden RI Oktober Mendatang
UPL MPA Unsoed Laksanakan Praktek Simulasi I Untuk Calon Atlet Ekspedisi Soedirman VII



IP Anda Adalah: 54.161.77.30

Translate



Kategori



Gallery Foto


Dua Tokoh Petualangan di Indonesia
Yuni & Cahyo
Mila Ayu Haryanti - 7 Summiter Indonesia in 100 days
Mila Ayu H
Kang Bongkeng dan Portal Berita Petualang MapalaPTM.Com
Djukardi Bongkeng
APGI: Assosiasi Pemandu Gunung Indonesia
APGI
Vicky Gosal, Seorang tokoh petualangan di indonesia
Vicky Gosal
Tim Putri Seven Summit Indonesia "Wissemu" Mahitala Unpar, Bandung
Hilda & Fransisca



Sekilas Info

Mayor John Wesley P, Bpk Arung Jeram Dunia dgn pertama kali susuri Sungai Colorado sejauh 250 mil

Apakah Anda Tahu? Salah Satu Jalur Pendakian Termahal di Dunia yaitu di Gunung Carstenz, Papua

Berkemah di alam terbuka, mengasah kreatifitas anak & mampu hadapi tantangan utk selesaikan masalah

Green Boots adalah sebutan Mayat yg tdk teridentifikasi dan menjadi acuan arah ke puncak Gn Everest

Senyuman dpt menularkan kebahagiaan kpd orang lain, Senyum yg tulus bermanfaat dlm meraih kesuksesan

Pemandu pendaki gunung Nepal Appa Sherpa telah mendaki puncak Everest 18x

Semua pendaki Gn Everest dan tim pendukung wajib angkut sampah 8 kg ketika turun

Remaja masa kini lebih lancar berkomunikasi di sosial media, dibandingkan di kehidupan nyata

Sherpa di Nepal anjurkan makan bawang putih, Cegah rasa tidak nyaman krn ketinggian gunung

Pikiran positif Anda akan menuntun kehidupan Anda pada hasil yang positif

Penelitian Menemukan Seorg yg Cintai Lingkungan adlh yg lebih diinginkan u/ Hubungan Jangka panjang

Melamun terbukti mampu buat Seseorang lebih kreatif & merangsang otak memunculkan ide-ide kreatif

Cuaca buruk, Jangan Aktifkan Hp di atas gunung jika tak ingin tersambar petir

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo





video klip hasil karya musik dari musisi IWA K yang turut mendukung #WALHI (2892321)

Merinding, Baca Sms Terakhir Supriyadi Saat Nyasar di Gunung Semeru (47587)

Pendaki asal Jakarta Meninggal Dunia Saat Mendaki ke Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia, Carstenz (45707)

Cerita Unik Dan Menakutkan Dibalik keindahan Gunung Kerinci Jambi (35039)

Gunung Semeru Memakan Korban Lagi, Pendaki asal Depok Tewas di Kalimati pagi tadi (34306)

LOTENG Resmi Buka Jalur Baru Rinjani Terindah Terlandai & Terdekat (31421)

Mapala itu Garda Terdepan di Setiap Bencana, Sistem Diksar Dibenahi & Bukan Mapalanya dibubarkan (31014)

Pendaki yang Hilang ditemukan telah Tewas Jatuh ke Jurang sedalam 150 Meter (30631)

Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing Terbaru Januari 2016 (27389)

Kronologis Meninggalnya Pendaki asal Depok di Kalimati Gunung Semeru (26517)

Guider Mahasiswa UIN Jatuh Ke Dasar Goa Terdalam di Indonesia, Maros Sulsel (24852)

Kronologis Meninggalnya Ike Suseta Adelia Asal Palembang di Gunung Rinjani (23221)

Kronologi Hilangnya Pendaki asal Cirebon di Gunung Semeru (21385)

Sinergitas Pecinta Alam untuk “LOMBOK BANGKIT MANDIRI”

Sukses Gelar Try Out 1 Tim Ekspedisi Soedirman Semakin Dekat Dengan Pendakian Ke Aconcagua

Persiapan menuju Astacala Telkom University Expedition (ATEX) 2018

TARANTULA ADVENTURE Adakan Pengabdian Masyarakat di Jembatan Edukasi Siluk

Mapala Satria UM Purwokerto Siap Gelar Kompetisi Panjat Dinding Se-Jawa Bali Sumatra 2018

Buka Bersama dan Talkshow "Kompetensi dan Sertifikasi dalam Bidang Pecinta Alam"

GEMAPALA BBC Cirebon Akan Menggelar Festival Ramadhan 2018

GUNUNG BUKAN MILIK KALANGAN DAN GOLONGAN.

Derita Para Petani Salingka Gunung Talang Terkait Konflik Mega Proyek PLTPB Geothermal

Dua Srikandi Gapai Puncak Gunung Tertinggi Dunia di Everest, Seven Summiter Wanita Pertama Indonesia

Predator Sebagai Penunjang Ekosistem

Jelang Ramadhan, PMPA KOMPOS FP UNS Gelar Donor Darah

Indofest 2018 Jakarta Telah Mulai Dibuka, Pagelaran Festival Outdoor Terbesar di Indonesia